SEKILAS INFO
23-05-2022
  • 6 bulan yang lalu / Pelaksanaan AKM Hari pertama : Sesi 1 SDN 2 Jingah  Hari kedua : Sesi 2 SDN 2 Jingah  (Tanggal 15 – 16 Nopember 2021)
  • 6 bulan yang lalu / silahkan kunjungi website : psp.sdn2jingah-muarateweh.sch.id
  • 9 bulan yang lalu / Berdasarkan petunjuk Bupati Barito Utara untuk Menindak lanjuti surat edaran sebelumnya maka melihat kondisi wabah covid -19 yang semakin meningkat kami informasikan bahwa kita tetap menunda belajar tatap muka hingga keadaan membaik yg disusul dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Barito utara
14
Mar 2022
0
Pendidikan Profesi Guru

PPG adalah program yang digagas pemerintah untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru) profesional yag mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mahasiswa yang memiliki impian menjadi tenaga pendidik profesional bisa mengikuti program ini.

Lulusan S1 jurusan pendidikan dan non pendidikan sama-sama punya kesempatan untuk mendaftarkan diri. Melalui program ini, kamu akan belajar kompetensi guru sesuai standar nasional pendidikan.

Tujuan program ini adalah penghasilan guru profesional yakni yang menunjukkan kemampuan dan melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Tolok ukur kemampuannya dapat dilihat dari penguasaan kompetensi akademik dan kompetensi substansi sesuai dengan bidang keilmuannya.

Selama mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan materi berupa teori dan praktikum. Selain itu kamu akan menjalankan praktik secara langsung di lapangan. Kamu akan belajar mengajar di sekolah.

PPG ini diharapkan menjadi solusi atas permasalahan pendidikan selama ini seperti:

  1. Kekurangan jumlah guru terutama di daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal
  2. Distribusi tidak seimbang
  3. Kualifikasi di bawah standar
  4. Guru-guru tidak kompeten
  5. Ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu

Nah, setelah menuntaskan pendidikan profesi guru, akan mendapatkan sertifikat yan menunjukkan keahlian pendidikan yang dipelajari selama ini contohnya pendidikan profesional untuk pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan lainnya.

PPG ini terdiri dari dua bentuk yakni PPG Bersubsidi dan PPG Swadana. Jika kamu mengambil PPG Bersubsidi maka biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah. Sementara itu, jika kamu mengambil PPG Swadana maka biaya pendidikan tanggung kamu sendiri. Pembiayaannya secara mandiri oleh peserta yang mengikuti PPG.

Lantas bidang studi apa saja yang dibuka dalam PPG? Jadi bidang studi yang dibuka biasanya meliputi Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, Akuntansi dan Keuangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Otomotif, Perhotelan, Jasa Pariwisata dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, dan masih banyak lagi.

manfaat mengikuti PPG. Manfaat ini bisa juga berarti keuntungan yang akan kamu dapatkan. Apa saja keuntungannya?

  1. Meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar
  2. Menambah pengalaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah
  3. Mendapatkan Sertifikat Pendidik sebagai guru profesional
  4. Jaminan masa depan karena mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk tingkatkan kesejahteraan hidup
  5. Menempuh pendidikan bidang studi dengan dibiayai pemerintah apabila mengambil PPG Bersubsidi
  6. Mengasah kemampuan dalam mengajar melalui praktek secara langsung

Selain keuntungan-keuntungan di atas, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti:

1. Menambah jejaring sosial 

Melalui program ini kamu bisa berkenalan dengan teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang.

2. Mendapatkan ilmu baru

Di sini kamu juga bisa mempelajari ilmu baru. Kamu mendalami materi, menyusun perangkat-perangkat pembelajaran, praktikum, dan melakukan praktik secara langsung di lapangan.

3. Meningkatkan kemampuan mengoperasikan komputer

Keuntungan ini sangat dirasakan untuk peserta yang sudah berprofesi guru dan berusia lanjut. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer masih sangat lemah sehingga peserta bisa meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan komputer.

4. Studi banding ke sekolah-sekolah

Salah satu kegiatan wajib peserta PPG adalah mengikuti kegiatan terjun ke lapangan atau PPL. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai studi banding karena peserta bisa studi banding ke sekolah-sekolah. Bisa menemukan hal-hal baru di sekolah yang menjadi tempat PPL.

5. Bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk rehat dari aktivitas mengajar

Terakhir, untuk peserta yang sudah bekerja sebagai tenaga pendidik dan mengikuti PPG. Program ini dapat digunakan untuk rehat dari aktivitas mengajar selama ini. Mencari ruang baru untuk kembali mengisi energi dan pikiran sebelum akhirnya kembali lagi mengajar.

 

Sumber : https://penerbitbukudeepublish.com/keuntungan-mengikuti-ppg/

Data Sekolah

SDN 2 JINGAH MUARA TEWEH

NPSN : 30201090

Jalan Pelita RT.01
KEC. Teweh Baru
KAB. Barito Utara
PROV. Kalimantan Tengah
KODE POS 73814

PETA SEKOLAH